“Mikir”

Hi bloggers!

Sekarang tanggal 3 desember 2015 jam 11.40 p.m.

Gue nulis ini karna gue lagi galau dan banyak pikiran bgt hehe.Oke gue mulai yaa.

Jadi ceritanya hari ini di tempat les guee, gue ada arahan lagi kan sama tutor2 yang ada disanaa. Nah isi nya tuh intinya mereka ngasih macam2 trik gitu saat kita ngerjain SBMPTN nanti. Disini ada yang belum tau sbm? Atau lagi persiapan sama kayak gue?hahhahaha.

Oke gue kasih info dikit ya tentang SBMPTN.

Jadi, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yg biasa disingkat SBMPTN kalo kita mah biasa nyebutnya sbm. Karna, lebih singkat dan ga ribet. Hehehe :D. Nah si sbm ini neh, diselanggarain tuh cuman setaun sekali. Nih bagi lo2 pada yg udh kelas 12 biasanya nih bukan biasanya sih emang jadwal tiap taunnya tuh pasti abis lo pada lulus2an atau lo udah kelar UN, dan udah minggat dari sekolah asal lo. Sebenernya lo ga wajib ngikutin nih sbm, soalnya sbm tuh kalo lo mau masuk universitas negri ajaa. Kalo lo mau swasta jg ga masalah. Lo ga perlu repot2 ngerjain soal kayak asdfghjkl itu. Soal sbm tuh menurut gue ya, absurd bgt. Parah. Ga sama deh kayak UN, beda bgt. Makanya nih gue saranin nih lo pada yg masih kelas 12, mending lo pada mulai nyusul dari sekarang buat ngerjain atau mulai nyicipin tuh soal2 sbm. Supaya lo ga kaget2 amat gitu hehehe. Udah soalnya kayak asdfghjkl saingannya juga kayak 091725442326810826. Ya bayangin deh, seluruh anak Indonesia berlomba2 buat masuk PTN, peluang nya tuh cuman sekitar 0,3 – 2%. Gila ga tuh?saingan nya so pasti ketat bgt bgt, makanya soalnya kayak asdfghjkl.

Kalo udah tau saingannya kayak gitu dan soalnya absurd bgt, kenapa banyak yang mau masuk?kenapa ga swasta aja?

Yes bro, sis. Emang enak kuliah di univ swastaa. Saingan ga sebanyak PTN dan soal ujian masuknya ga kayak asdfghjkl. Tapi, kan ga semua orang mampu berkuliah di universitas swastaa. Ga semua orang beruntung kyk lo bro,sis. Dan yang pastinya kita pengen dong ngeringanin beban orang tua kitaa. Coba nih kalo kita masuk PTS, yang mungkin harus bayar uang pangkal yang mencapai puluhan jutaa, terus harus bayar uang per semester nya juga ga murah. Itusih kira2 yang jadi pembeda antara PTS dan PTN. Tapi sekali lg gue ga pernah bilang mana diantara mereka yang lebih bagus. Itu adalah penilaian dari diri lo sendiri, dari sudut pandang lo mau ngeliat ‘bagusnya’ PTN dan PTS tuh dimana. Misalkan dari segi fasilitas, yang pasti kebanyakan lebih memilih PTS dsb.

Jadi sih intinya, either PTN or PTS, mempunyai keunggulannya masing2. Dan semua itu tergantung sudut pandang lo dari manaa. Nah gue kasih tau lagi nih yaa. Pokoknya lo gaboleh nyerah sebelum perang. Bahkan mungkin pas latihan udah nyerah karna mungkin lo mikir lo ga mampu, gaakan bisa, saadar sama otak sendiri, nope! Itu semua hanya alasan yang berkembang di otak lo. Soal2 sbm emang ga di desain kok untuk lo kerjain semua. Coba nih ya misalkan FK UI yang Passing Grade nya 65%, berarti tandanya dari 100% lo cuman perlu ngerjain 65% dan lo mampu masuk FK UI yang selalu didewa2in. Jadi maksud gue disini, sbm tuh ga kayak UN, yang 99,9% peserta nya Lulus. Beda dengan sbm yang harus ‘ Lolos ‘ bukan ‘ lulus ‘ cuman beda 1 huruf vocal makna nya sangat berbeda jauh ya hehe.

Percaaya sama diri lo sendiri, gapai apa yang lo pengen. Kasih tau orang tua lo, lo pengen jadi apa supaya mereke mengerti dan ngasih jalan yang terbaik dan doa terbaik buat lo. Jangan takut gagal, jangan takut tertinggal, karna hidup adalah proses pembelajaran yang gaakan ada habis2nya. Hehe

Salam hangat & selamat malam readers!

Friday, Dec 4TH 2015, 12.20 A.M

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s